Do'a ku

" Ya Allah, berikanlah hikmah dan masukanlah hambamu kedalam golongan orang-orang shaleh. Jadikanlah hambamu buah tutur yang baik bagi orang-orang ( yang datang ) kemudian, dan jadikanlah hambamu termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan. "

Belajar kepada lebah madu

catatan Unknown on 18.9.08 | 08.34

Sekumpulan lebah, lebih mungkin hanyalah serangga kecil yang luput dari pengamatan, tetapi kemampuan mereka dalam menyelesaikan sejumlah pekerjaan besar yang tak terbayangkan harus menjadi pelajaran.


Ribuan lebah bekerjasama secara teratur dan terencana dalam rangka mencapai tujuan yang sama dan mereka melaksanakan bagian pekerjaan mereka masing2 secara penuh dan sungguh-sungguh tanpa kesalahan sedikitpun, padahal setiap pekerjaan tersebut membutuhkan perhitungan dan perencanaan yang khusus sungguh mengagumkan bahwa kecerdasan dan keahlian yang demikian ini ada pada seekor lebah. bagaimana dengan Kita ? apa kita tidak malu dengan lebah? lebah mampu membangun sistem organisasi sempurna yang tak tertandingi oleh manusia bahkan lebah tidak pernah mengenyam pendidikan, pelatihan apapun bukan?
Seekor lebah tidak memperoleh keuntungan pribadi dari pekerjaan yang ia lakukan, lebah bekerja sepanjang hidup tanpa istirahat demi kep[entingan dan kebaikan sesama.
Rata2 60-70 ribu lebah hidup dalam sebuah sangkar, walaupun populasinya demikian padat lebah mampu melakukan pekerjaannya secara teratur dan rapi
Suatu koloni lebah umumnya terdiri dari lebah pekerja, pejantan dan ratu, lebah pekerja boleh dikatamengerjakan seluruh tugas dalam sarang, sejak saat dilahirkan para lebah pekerja langsung mulai bekerja dan selama hidup mereka melakukan tugas yang berganti-ganti sesuai dengan proses perkembangan yang terjadi dalam tubuh mereka, mereka menghabiskan tiga hari pertama dalam hidup mereka dengan membersihkan sarang.
Kebersihan sarang sangatlah penting bagi kesehatan lebah dan larva dalam koloni. Lebah pekerja membuang seluruh bahan berlebih yang ada dalam sarang, saat mereka bertemu dengan serangga penutup mereka pertama tama membunuhnya, kemudian mereka membungkusnya dengan cara pembalseman mayat yang menarik disini adalah dalam pengawetan lebah ini menggunakan bahan khusus yang disebut" Propolis" Propolis adlaah suatu bahan istimewa karena sifatnya yang anti bakteri sehingga sangat baik digunakan untuk pengawet.

Bagaimana lebah tau bahan ini adalah yang terbaik sebagai pengawet dan bagaimana mereka mampu menghasilkan dalam tubuh mereka?
Propolis adalah bahan yang hanya dapat dihasilkan dalam kondisi laboratorium dengan tehnologi dan tingkat pengetahuan ilmu kimia yang cukup tinggi. Nyata bahwa lebah sama sekali tidak mempunyai pengetahuantentang ini apalagi laboratorium dalam tubuhnya?
Lebih jauh lagi lebah pekerja bertanggung jawab memeriksa sel-sel yang akan digunakan ratu untuk meletakkan telurnya selain itu lebah pekerja juga bertugas mengumpulkan kotoran yang ada dalam sel2 yang telah ditinggalkan oleh para larva yang telah lahir, serta membersihkan sel penyimpanan makanan. lebah2 tersebut juga mengatur kelembapan dan temperatur didalam sarang jika dibutuhkan dengan kipas angin melalui kepakan sayap mereka pada pintu masuk sarang.

Penting diingat bahwa seluruh tugas yan membutuhkan spesialisasi ini dilakukan oleh pekerja lebah berumur 3 hari yang bertanggung jawab mandala kebersihan. lebah pekerja menghabiskan waktunya selama 3 hari pertama tersebut dengan merawat para larva saat mereka menjadi lebih dewasa beberapa kelenjar sekresi dalam tubuh mereka mulai berfungsi dan hal itu memungkinkan mereka untuk merawat larva seluruh tugas yang berhubungan dengan perawatan larva ini dikerjakan oleh lebah pekerja yang berumur 3 sampe 10 hari. mereka memberi makanan sebagaian larva dengan royal jelly dan sebagian lagi campuran madu serbuk sari, makhluk hidup yang bar u lahir ini telah mengetahui tugas2nya yang menjadi tanggung jawabnya dan memiliki pengetahuan untuk mengerjakannya dengan cara yang profesional.


Sang lebah benrganti tugas saat ia tumbuh dewasa ketika mencapai hari ke 10 dari masa hidupnya kelenjar penghasil lilin dalam perut llebah pekerja mendadak telah matang sehingga ia mampu menghasilkan lilin, pada saat itulah seekor lebah pekerja menjadi pekerja pembangunan sel2 penyimpan madu dengan menggunakan lilin
Referensi diambil Karya Harun Yahya.

0 komentar:

 

Arsipku

Pengikut