Do'a ku

" Ya Allah, berikanlah hikmah dan masukanlah hambamu kedalam golongan orang-orang shaleh. Jadikanlah hambamu buah tutur yang baik bagi orang-orang ( yang datang ) kemudian, dan jadikanlah hambamu termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan. "

Spamkodok

catatan Vidi Januardani on 3.9.12 | 12.22

Sering munculnya masalah dalam sistem aplikasi SPSE pada proses pengadaan mengakibatkan banyaknya masyarakat umum maupun penyedia menuduh dan mencurigai bahwa pengadaan secara elektronik dilingkungan pemerintah banyak KKN misalnya saja penyedia yang upload dokumen memerlukan waktu yang lama, penggunaan apendo yang bermasalah termasuk hasil rhs apendo yang tidak bisa dibaca oleh panitia pengadaan dll, untuk itu LKPP mencoba mengembangkan aplikasi sedemikian rupa sehingga aplikasi bisa diakses dengan mudah oleh para piha pengadaan dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengadaan barang/jasa secara elektronik, salah satu bentuk pengembangan aplikasi adalah Sistem Pengamanan Komunikasi Dokumen (SPAMKODOK).

SPAMKODOK adalah sistem  pengamanan komunikasi dokumen yang dikembangkan oleh lembaga sandi negara untuk menjamin kerahasiaan, integritas dan keabsahan informasi/dokumen pada sistem pengadaan barang/jasa pemerintah. Spamkodok nantinya menjadi pengganti dari apendo yang saat ini digunakan oleh panitia untuk mendeskripsi data penawaran perusahaan  dan digunakan penyedia untuk mengenskripsi data dalam penawaran bentuk rhs.

SPAMKODOK nantinya digunakan pada SPSE untuk enskripsi, deskripsi, tanda tangan dan verifikasi tanda tangan dokumen lelang serta pendaftaran sertifikat digital.

Proses Sertifikasi Digital dan SPAMKODOK

Alur Proses Registrasi
Alur Enskripsi
Alur Deskripsi

Spamkodok baru bisa dilaksanakan atau sekarang dalam tahap ujicoba pada SPSE atau Aplikasi LPSE versi 3.6. dimana pengguna SPSE, perangkat server LPSE  wajib mempunyai sertifkat digital yang diterbitkan oleh OSD PSE (OSD PSE adalah pihak ketiga yang terpercaya yang bertugas menandatangani, menertibkan,  dan memelihara sertifikat digital atas permintaan pengguna SPSE untuk menjalankan pertukaran dokumen/informasi pada proses pengadaan secara elektronik sehingga mempunyai 4 aspek keamanan yaitu kerahasiaan (privacy), otentikasi, integritas dokumen dan anti penyangkalan (non repudiation).
untuk itu mari kita tunggu aksi dan pengembangan aplikasi SPSE dan penggunaan SPAMKODOK, kira-kira kapan ya? sampai kapan? padahal saat ini saja aplikasi SPSE baru versi 3.2.5 yang akan, mau dan sedang proses updating menjadi versi 5 tapi belum.  terus versi 6 kapan?

Referensi

Perka LKPP no 4 Tahun 2012
Bahan Rakor Aplikasi  Eproc LKPP 2012

0 komentar:

 

Arsipku

Pengikut