Do'a ku

" Ya Allah, berikanlah hikmah dan masukanlah hambamu kedalam golongan orang-orang shaleh. Jadikanlah hambamu buah tutur yang baik bagi orang-orang ( yang datang ) kemudian, dan jadikanlah hambamu termasuk orang-orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan. "

Hacker Server Lpse

catatan Vidi Januardani on 19.9.12 | 03.14

Dua hari yang melelahkan bagi teman-teman di lpse, dimana tiba-tiba aplikasi SPSE down, teman-teman admin sistem mencoba restart beberapa kali ternyata tidak bisa sampai akhirnya lpse on tapi itu juga berjalan dalam hitungan menit terus down lagi begitu terus sampai 2 hari. bahkan teman-teman admin sistem sampai angkat tangan tidak tahu harus berbuat apa lagi. Akibat dari itu teman-teman panitia pengadaan yang sedang melakukan proses lelang kalang kabut, karena proses lelang terhenti akibat gangguan sistem tersebut, bahkan ada yang sampai mendesak bagaimana caranya agar lpse segera on air lagi, kami hanya bisa menjawab " sedang kami usahkan semaksimal mungkin". bahkan perusahaan-perusahaan yang mau memasukan penawaran selalu gagal dan mungkin ada yang menganggap bahwa ada permainan dalam proses lelang yang mereka ikuti. Telepon, sms bertubi-tubi dari sorong, bone tegal dan beberapa UPT yang melakukan klarifikasi membuat baterai hp dari full sampai drop bahkan ada juga yang masih ngotot minta perubahan jadual, ya karena tugas saya layani dengan senang hati dan mencoba menenangkan teman-teman panitia pengadaan terhadap langkah yang harus dilakukan terhadap masalah yang terjadi. 

Karena tidak ada perubahan hari kedua kami datang ke LKPP, begitu sampai ke LKPP ternyata aplikasi on ya lumayan lama padahal belum ketemu teman2 it disana akhirnya ada obrolan teman2 jangan jangan on karena kita mau datang ke LKPP..he..he..akhirnya kita ketemu teman-teman it dan ngobrolah sampai ketemu titik praduga tak bersalah yaitu ada yang coba melakukan penyerangan ke lpse kkp atau yang dikenal dengan hacker karena ada ip yang coba terus-menerus mencoba masuk kedalam server lpse, wuuhh. setelah dicek bahwa ip tersebut domisilinya di USA. akhirnya hasil obrolan tersebut membuat kesimpulan bahwa kemungkinan ada yang sedang mencoba keamanan dari lpse terutama lpse tempat saya bekerja. Apa sebenarnya Hacker itu? Hacker dalam bahasa kita dinamakan Peretas (Inggris: hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, menerobos masuk ke dalam komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.eh..eh ..jadi hacker adalah orang-orang pinter yang agak kebliger andai saja keterampilan dan keahlian tersebut untuk kebaikan wah dunia terasa indah (katanya). Nah ini tipe-tipe hacker atau peretas 
  • Elite : Juga dikenal sebagai 3l33t, 3l337, 31337 atau kombinasi dari itu; merupakan ujung tombak industri keamanan jaringan. Mereka memahami sistem operasi sisi luar dalam, sanggup mengkonfigurasi dan menyambungkan jaringan secara global. Sanggup melakukan pemrograman setiap harinya. Sebuah anugrah yang sangat alami, mereka biasanya effisien & trampil,menggunakan pengetahuannya dengan tepat. Mereka seperti siluman yang dapat memasuki sistem tanpa terdeteksi, walaupun mereka tidak akan menghancurkan data-data yang ditemui. Karena mereka selalu mengikuti peraturan yang ada. 
  • Semi Elite:Hacker ini biasanya lebih muda daripada Elite.Mereka juga mempunyai kemampuan dan pengetahuan luas tentang komputer. Mereka mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya (vulnerability)). Biasanya dilengkapi dengan sejumlah kecil program cukup untuk mengubah program eksploit. Banyak serangan yang dipublikasi dilakukan oleh hacker tingkat ini. Sialnya oleh para Elite mereka sering kali dikategorikan Lamer.
  • Developed Kiddie: Sebutan ini terutama karena umur kelompok ini masih muda (ABG)dan masih sekolah. Mereka membaca tentang metode hacking dan caranya di berbagai kesempatan. Mereka mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil dan memproklamirkan kemenangan ke peretas lainnya. Umumnya mereka masih menggunakan Grafic User Interface (GUI) dan baru belajar hal dasar dari UNIX, tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
  • Script Kiddie: Seperti developed kiddie, Script Kiddie biasanya melakukan aktifitas di atas. Seperti juga Lamers, mereka hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal. Biasanya tidak lepas dari GUI. Hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti dan menyusahkan hidup pengguna Internet.
  • Lamer: Mereka adalah orang tanpa pengalaman dan pengetahuan yang ingin menjadi hacker (wanna-be hacker). Mereka biasanya membaca atau mendengar tentang hacker dan ingin menjadi seperti mereka. Penggunaan komputer mereka hanyalah untuk main game, IRC, tukar menukar software bajakan dan mencuri kartu kredit. Melakukan hacking menggunakan software trojan, nuke dan DoS. Biasanya menyombongkan diri melalui IRC channel. Karena banyak kekurangan untuk mencapai elite, dalam perkembangannya mereka hanya akan sampai tingkat developed kiddie atau script kiddie saja.
Ya itu seklumit tentang hacker, saya lanjutkan ceritanya deh..dalam perjalanan pulang dari LKPP, saya sms ke semua teman-teman panitia pengadaan bahwa aplikasi bisa diakses kembali, maka secara otomatis sms, telepon dan email berdatangan untuk meminta perubahan jadual. begitu sampai dikantor sampai belum makan siang saya mencoba memfasilitasi teman-teman pengadaan untuk merubah jadual agar segera proses lelang dapat segera dilakukan lagi..eh..eh..kejadian tersebut berulang kembali sehingga teman-teman kejar mengejar dengan waktu agar bisa anwijing, bisa download dan bisa melakukan proses lelang saat lpse on dan kabar terakhir dari teman-teman admin sistem bahwa ada 9 IP yang berganti2 mencoba menerobos dan mengganggu jaringan lpse kami, mau ngak mau teman-teman admin sistem harus memelototi aplikasi lpse kira2 IP mana yang dicurigai melakukan serangan-serangan yang tidak jelas dan harus diblok, saya sendiri kurang tahu bagaimana semua itu terjadi apagi dunia it, saya hanya sebagai penikmat it. Agar hal ini tidak terjadi berulang maka harus dilakukan pengawalan sistem dengan membackup dan menyiapkan penangkal hacker atau virus serta menambal titik lemah di server lpse serta meningkatkan kualitas SDM di LPSE sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk negaranya.


2 komentar:

bimmariobroz mengatakan...

nah suka dukanya seorang admin ppe mas heheh ?, kerja di belakang panggung dengan resiko yang besar dan 24 jam kerja :)

Indr@ mengatakan...

sudah gitu honornya dipermasalahkan... nasib admin lpse....

 

Arsipku

Pengikut